Akhoir
Akhoir.weebly.com
 
Picture
“Kok bisa ‘pas’ sihh nge-print-nya? Gimana caranya??”

Kuliah identik dengan “’cukup” membawa sebuah file saja sebagai senjata untuk mencatat semua materi yang akan diberikan dosen. Kalau menulis pake buku, kadang-kadang di ceng-cengin “masih SMA yaa….” Ya walaupun mungkin banyak yang cuek dengan perkataan seperti itu, tapi bagi yang ‘anti’ sindiran ini membuat harga diri jatuh.

  Mula-mula saya hanya sekedar iseng-iseng saja untuk membuat format tulisan yang ukurannya pas, tepat, akurat dengan kertas A5. Baik secara baris, rata kanan, rata kiri, rata atas, rata bawah. Dan saya juga terinspirasi dari para mahasiswa yang tidak membawa buku tulis dan mencetak bahan yang diberikan dari dosen (Soft Copy-nya), itu dibuat ‘seperti’ makalah. Waaahhh saya melihatnya ribet banget kalau setiap hari membawa makalah.


 
Picture
“HotKeys” atau dalam bahasa indonesianya “Tombol Panas” yaitu tombol yang dapat digunakan untuk mempercepat kerja user dalam menggunakan computer tanpa harus menggunakan Mouse dalam suatu program.

Adapun kali ini saya akan memberikan 26 macam Hotkey beserta fungsinya, yaitu:


 
Picture

Dipagi seperti biasa, menunggu bel masuk kelas berbunyi. Aku tertarik pada sebuah judul utama pada sebuah surat kabar, yaitu "Rupiah Akan Dipotong" .

Aku penasaran, apasih yang dimaksud dengan dipotongnya Rupiah??.
Berikut adalah isi dari surat kabar yang telah kubaca.


 
Picture
Berhubungan dengan matakuliah algoritma pemrograman, untuk pembahasan kali ini saya mencoba untuk membuat bacaan tentang algoritma pemrograman dalam pascal. Yang saya ketahui dari berbagai sumber bahwa definisi Pascal yaitu sebuah bahasa pemrograman yang terstruktural. Artinya adalah sebuah metode untuk mengorganisasikan dan membuat kode program (syntax) yang tersusun agar  mudah untuk dimengerti dan ditest serta di modifikasi secara berurutan (terstruktur).

Dalam menggunakan TP, anda tidak dapat menggunakan Mouse Anda sebagai pengeksekusi, tapi hanya dengan melalui keyboard menggunakan  HotKey.
Beberapa HotKey yang paling sering digunakan:

 
Setiap Program yang kita buat tidak akan langsung berjalan dengan mulus, pasti ada saja kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalah-kesalahan ini sering terjadi karena kesalan mengetik, kesalahan pemberian rumus atau algoritma-nya, dan cara menterjemahkan algoritma tersebut kedalam bahasa Pemrograman Ini mengakibatkan kode program yang telah kita buat tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya, tentu ini membuat Anda pusing atau malah kesal.

 
Adapun Kesalahan yang terjadi karena kesalahan pengetikkan pada TP, antara lain:


Akhoir